Distributor Valve dan Fungsi Valve (バルブディストリビューターとバルブ機能)

f:id:omkirito1:20200707175658j:plain

Distributor Valve dan Fungsi Valve (バルブディストリビューターとバルブ機能)

Pengetahuan tentang fungsi valve dan jenis-jenisnya perlu buat dipahami karena pada suatu industri terutama yg berkiprah pada pengolahan liquid seperti kilang minyak pasti mempunyai sistem perpipaan yang berfungsi sebagai loka mengalirnya liquid atau fluida. Seperti pada umumnya, setiap rangkaian pipa tentu mempunyai suatu indera yg digunakan buat mengatur jumlah aliran agar peroses pengolahan atau pengaliran dapat berjalan sinkron menggunakan yang ditentukan. Alat tadi dianggap menggunakan valve atau tak jarang pula disebut katup.


Alat ini tentu telah nir asing lagi bagi kita, model sederhananya yaitu katup air yg hampir kita gunakan setiap hari. Namun, nir hanya katup untuk pipa air, terdapat banyak jenis distributor valve yang dipakai dalam bidang-bidang tertentu. Dengan demikian, maka dalam artikel kali ini, selain dibahas mengenai fungsi valve, akan dituliskan pula jenis-jenisnya & cara kerjanya masing-masing.


Jenis-jenis Valve & Prinsip Kerjanya


Salah satu jenis valve yg poly digunakan dalam kilang minyak.Valve atau katup adalah sebuah perangkat yg terpasang dalam sistem perpipaan, yg berfungsi buat mengatur, mengontrol & mengarahkan laju aliran fluida dengan cara membuka, menutup atau menutup sebagian aliran fluida. Katup/valve memiliki peran krusial pada suatu industri misalnya industri migas yang meliputi pengaliran kedalam kolom distilasi dan mengontrol pengapian pada furnace (tungku).


Valve bisa dioperasikan secara manual, baik dengan menggunakan pegangan, tuas pedal & sebagainya. Selain dioperasikan secara manual, terdapat jua jenis valve yang dioperasikan secara otomatis, yakni pengendaliannya dilakukan dengan memakai prinsip perubahan genre, tekanan dan suhu pada pada pipa. Ketiga perubahan tersebut akan menghipnotis diafragma, pegas ataupun piston sehingga secara otomatis akan menggerakkan katup dengan sistem buka tutup.


Fungsi valve


Terdapat banyak sekali macam jenis valve yg dipakai dalam kilang minyak maupun di pabrik-pabrik lain. Setiap jenis katup mempunyai fungsi & prinsip kerja masing-masing, seperti berikut:
Untuk menutup & membuka aliran dengan syarat, ketika terbuka mempunyai kendala aliran dan pressure loss yg minimum. Contohnya: gate valve, ball, plug dan butterfly valve.
Untuk keperluan mengatur aliran, menggunakan cara menunda aliran menggunakan perubahan arah atau memakai suatu kendala, bisa jua dengan kombinasi keduanya.
Untuk mencegah genre kembali (back flow), umumnya memakai check valve (lift check & swing check). Valve ini akan tetap terbuka & akan tertutup apabila terdapat aliran yg antagonis arah.
Untuk keperluan mengatur tekanan, beberapa pengaplikasian valve di lapangan, tekanan yg masuk (line pressure) wajib dikurangi buat mencapai tekanan yang diinginkan. Biasanya memakai pressure-reducing valve atau regulator.
Untuk pressure relief (divestasi tekanan) menggunakan memakai relief valve dan safety valve. Relief valve digunakan buat mengatasi bila adanya tekanan yg hiperbola yang dapat mengganggu proses pengaliran atau bahkan kegagalan proses pengaliran. Sedangkan paling aman valve mengunakan per (spring loaded), valve ini akan membuka jika tekanan melebihi batas yg telah dipengaruhi.

Jenis-Jenis Valve


Berikut aneka macam macam jenis valve menggunakan menggunakan karakteristik dan cara kerjanya masing-masing:


Gate Valve


Jenis ini didesain untuk membuka dan menutup aliran dengan cara tertutup kedap & terbuka penuh. Lantaran sistem kerjanya hanya membuka & menutup, maka valve ini tidak cocok buat mengatur debit aliran lantaran kurang akurat dalam hal mengontrol volume genre di dalam pipa.


Plug Valve


Memiliki fungsi yang sama dengan gate valve yaitu menggunakan menutup atau membuka aliran secara holistik. Namun, beberapa pengaplikasian jenis valve ini hanya digunakan buat mengontrol aliran gas, seperti transportasi gas melalui pipa.


Ball Valve


Jenis ini dapat dioperasikan dalam fluida bertemperatur -450°F hingga -500°F. Ball valve adalah tipe quick opening valve yg hanya memerlukan 1/4 putaran menurut posisi tertutup penuh ke terbuka penuh.


Globe valve


Aliran pada valve berubah arah sebagai akibatnya membentuk friksi yang cukup akbar meskipun dalam keadaan terbuka lebar. Jenis valve ini relatif penting apabila dipakai buat penutupan yang kedap terutama pada aliran gas.


Needle Valve


Pada dasarnya, jenis ini digunakan pada instrument, gage & meter line service. Valve ini dapat digunakan buat keperluan proses throttling lantaran sangat seksama, dan bisa juga dipakai dalam tekanan tinggi dan temperatur tinggi.


Diaphragm Valve


Valve ini mempunyai kelebihan yaitu memiliki genre yg tenang & fluida akan mengalir tanpa hambatan, jenis ini sangat baik buat flow control dan penutupan genre yg sangat rapat walaupun di dalam jalur pipa terkandung suspended solid. Diaphragm valve cocok digunakan untuk fluida yg korosif, viscous material, fibrous materials, sludges, solids in suspension, gas dan udara bertekanan.


Butterfly Valve


Merupakan jenis valve dengan desain sederhana & umumnya hanya digunakan buat genre bertekanan rendah. Desainnya yg sangat sederhana tersebut, sehingga dalam mengontrol aliran, buat membuka penuh & menutup penuh hanya diperlukan 1/4 putaran.


Check valve


Jenis ini dirancang buat mencegah terjadinya genre kembali di dalam pipa. Check valve terdiri dari beberapa jenis, misalnya lift check, swing check dan ball check. Untuk detail, silahkan Anda baca dalam artikel sebelumnya yang berjudul: Jenis-jenis Check Valve.


Pressure Relief Device


Jenis ini digolongkan sebagai safety valve, digunakan buat mencegah terjadinya tekanan berlebihan dalam sistem proses piping dan mencegah terjadinya kerusakan peralatan. Ada dua jenis paling aman valve, yaitu relief valve dan pop valve, kedua jenis ini bisa membuka secara cepat. Relief valve dipakai buat membebaskan tekanan yg berlebih sedangkan pop valve dipakai buat genre bertekanan tinggi. Namun kedua jenis ini sebaiknya nir digunakan bila fluida bersifat korosif, melibatkan back-pressure, melibatkan pressure control atau bypass valve.


Pressure Reducing Valve


Fungsi primer dari jenis ini merupakan buat menjaga supaya tekanan dalam sistem perpipaan selalu konstan, cara kerjanya yakni menggunakan menurunkan tekanan dari sumber yg mempunyai tekanan lebih tinggi.

Traps Valve


Fungsi berdasarkan trap valve merupakan buat membuang kondensat yg dari berdasarkan perpipaan steam (uap) tanpa adanya steam yang ikut terbuang. Trap valve terdiri dari 3 jenis, yaitu float trap, bucket trap dan inverted bucket trap. Ukuran trap diadaptasi dengan kapasitas discharge aktual atau effective valve area bukan dari menggunakan berukuran inlet & outlet pada sambungan pipa.
Video di bawah ini menampilkan bentuk masing-masing valve misalnya yang sudah disebutkan pada atas, silahkan ditonton.
Demikianlah pembahasan kali ini mengenai fungsi valve dan jenis-jenisnya, semoga artikel ini berguna, terutama bagi anda yang sedang kuliah dalam program studi teknik perminyakan atau yg telah bekerja pada sumur minyak juga dalam unit pengilangan.

Japan Version

業界では、特に製油所などの液体処理で働く人々は、液体または流体の流れの場所として機能する配管システムを備えている必要があるため、バルブの機能とそのタイプに関する知識を理解する必要があります。一般的に、パイプの各シリーズには、処理またはフロープロセスが指定されたものを使用して同期して実行できるように、フローの量を調整するために使用されるセンスが必要です。ツールは、バルブを使用するか、まれにバルブと呼ばれることもあると考えられていました。
このツールは確かに私たちにとって外国のものです。最も単純なモデルは、私たちがほぼ毎日使用する水バルブです。ただし、水道管用のバルブしかなく、特定の分野で使用されているバルブには多くの種類があります。したがって、この記事では、バルブの機能について説明するだけでなく、それぞれのタイプと方法についても説明します。

バルブの種類と作業原理

石油精製所で使用されるポリバルブの1つのタイプ。バルブまたはバルブは、配管システムに設置されたデバイスで、一部の流体の流れを開閉することにより、流体の流量を調整、制御、および指示する働きをします。バルブ/バルブは、蒸留塔への噴射や炉内の点火の制御など、石油およびガス業界などの業界で重要な役割を果たします。
バルブは、ハンドル、レバーペダルなどを使用して手動で操作できます。手動操作に加えて、自動で操作されるすべてのタイプのバルブもあります。つまり、制御は、パイプのジャンル、圧力、および温度を変更する原理を使用して実行されます。これらの3つの変更により、ダイヤフラム、スプリング、またはピストンに催眠術がかけられ、開閉システムでバルブが自動的に移動します。

バルブ機能

石油精製所や他の工場で使用されているバルブには多くの種類があります。各タイプのバルブには、次のような独自の機能と動作原理があります。
条件でフローを閉じて開くには、開いているときにフローの制約があり、圧力損失が最小になります。例:ゲートバルブ、ボール、プラグ、バタフライバルブ。
フローを管理する目的で、方向の変更や制約の使用を使用してフローを遅延させる方法を使用して、両方を組み合わせて実行することもできます。
ジャンルの逆流(逆流)を防ぐため、通常は逆止弁(リフトチェック&スイングチェック)を使用します。このバルブは開いたままで、拮抗的な流れがある場合は閉じられます。
圧力を調整する目的で、フィールドでの一部のバルブアプリケーションでは、目的の圧力に到達するために、入ってくる圧力(ライン圧力)を下げる必要があります。通常は減圧バルブまたはレギュレーターを使用します。
リリーフ弁と安全弁を使用した圧力リリーフ(分圧)用。リリーフバルブは、噴射プロセスまたはさらには噴射プロセスの障害に干渉する可能性のある双曲線の圧力がある場合に克服するために使用されます。最も安全なバルブはスプリング式を使用していますが、圧力が影響を受けた限界を超えると、このバルブが開きます。
バルブの種類

以下は、それぞれの特性と動作方法を使用したさまざまなタイプのバルブです。

仕切り弁

このタイプは、閉じた完全に開いた方法で流れを開閉するように設計されています。システムは開閉のみで機能するため、バルブはパイプ内のジャンルのボリュームを制御するという点で精度が低いため、流量の排出を調整するのには適していません。

バルブプラグ

全体的に閉じたフローまたは開いたフローを使用しているゲートバルブと同じ機能を持っています。ただし、このタイプのバルブの一部のアプリケーションは、パイプを介したガス輸送など、ガスの流れを制御するためにのみ使用されます。

ボールバルブ

このタイプは、-450°F〜-500°Fの流体温度で動作できます。ボールバルブは、全開位置に応じて1/4回転するだけで全開するタイプのクイックオープンバルブです。

グローブバルブ

バルブの流れは方向を変え、その結果、大きく開いた状態でもかなり大きな摩擦を形成します。このタイプのバルブは、特にガスの流れにおいて、不透過性の閉鎖に使用する場合は比較的重要です。

ニードルバルブ

基本的に、このタイプは計器、ゲージ、メーターラインサービスで使用されます。このバルブは非常に徹底しているため、スロットルプロセスの目的に使用でき、高圧および高温でも使用できます。

ダイヤフラムバルブ

このバルブには、穏やかで流体が障害物なしで流れるジャンルがあるという利点があります。このタイプは、パイプラインに浮遊固形物が含まれている場合でも、フロー制御や非常にタイトなジャンルを閉じるのに非常に適しています。ダイヤフラムバルブは、腐食性流体、粘性材料、繊維状材料、スラッジ、懸濁液中の固体、ガス、圧縮空気に適しています。

バタフライバルブ

シンプルなデザイン&uタイプのバルブです

一般に、低圧ジャンルにのみ使用されます。設計は非常にシンプルなので、流量を制御する場合、完全に開閉するには1/4回転するだけで済みます。

逆止め弁

このタイプは、ジャンルがパイプに戻らないように設計されています。チェックバルブは、エレベーターチェック、スイングチェック、ボールチェックなど、いくつかのタイプで構成されています。詳細については、前の記事「チェックバルブの種類」を参照してください。

圧力開放装置

安全弁として分類されており、配管プロセス系の過大圧力の防止や機器の破損防止に使用されます。安全なバルブには、安全バルブとリリーフバルブとポップバルブの2つのタイプがあり、どちらのタイプもすばやく開くことができます。ポップバルブが高圧ジャンルに使用されている間、リリーフバルブは過剰な圧力を解放するために使用されます。ただし、流体が腐食性である場合、背圧が含まれる場合、圧力制御またはバイパスバルブが含まれる場合は、どちらのタイプも使用する必要があります。

減圧弁

このタイプの主な機能は、配管システム内の圧力を常に一定に保つことです。それが機能する方法は、より高い圧力を持つソースからのより低い圧力を使用することです。
トラップバルブ
トラップ弁による機能は、蒸気配管によるドレンを蒸気を無駄にすることなく廃棄する機能です。トラップバルブは、フロートトラップ、バケットトラップ、逆バケットトラップの3種類で構成されています。トラップのサイズは、パイプ接続での入口と出口のサイズを使用するのではなく、実際の排出容量または有効バルブ面積に合わせて調整されます。
以下の動画は、例えば、上記の各バルブの形状を動画でご覧いただけますので、ご覧ください。
したがって、バルブとそのタイプに関する今回のディスカッション、できればこの記事が役立つことを願っています。特に、石油工学の研究プログラムで勉強している人や、精製装置で油井に取り組んだことがある人にとっては特にそうです。