Cara Membuat Kerajinan Dari Kayu Beserta Gambarnya (木と写真から工芸品を作る方法)

Cara Membuat Kerajinan Dari Kayu Beserta Gambarnya - Apa menurutmu membuat kerajinan tangan dari kayu sulit? Bisa jadi kamu salah lho, soalnya menurut ulasan BP-Guide membuat kerajinan tangan dari kayu tidak terlalu sulit. Coba yuk dilihat ide kerajinan tangan dari kayu yang bisa kamu buat sendiri ini.

Kerajinan Dari Kayu Jati

Kerajinan tangan bisa dibuat dari beragam benda di sekitar kita. Salah satu bahan yang banyak dibuat kerajinan tangan adalah kayu. Bahan satu ini perlu ketelitian dan ketelatenan penuh untuk mengolahnya. Alat yang memadai pun sangat diperlukan kala membuat kerajinan tangan satu ini.

Skill dan juga ketrampilan yang mumpuni juga dibutuhkan agar hasilnya lebih maksimal. Kerajinan kayu ini bisa jadi nilai seni tinggi yang berharga mahal. Dari hiasan dinding sampai miniatur dan aneka furniture rumah tangga bisa diciptakan dari kayu.

Kedengarannya memang sulit menciptakan kerajinan dari kayu. Namun ternyata membuat kerajinan kayu tak sesulit yang dibayangkan kok. Mari tengok ulasan BP-Guide.

Mau bikin kerajinan tangan dari kayu tentu butuh bahan utama kayu. Indonesia memiliki beragam jenis kayu yang bisa diolah jadi beragam barang. Tiap kayu kayu yang ada unik dan memiliki ciri khas sendiri. Selain itu kayu-kayu tersebut juga memiliki kegunaannya masing-masing.

Dari tekstur dan berat serta seratnya kayu yang berbeda bisa dijadikan kerajinan tangan yang berbeda juga. Biar kamu tak bingung, baca dulu nih jenis kayu yang bisa dipakai untuk kerajinan tangan.

Kayu Jati

Jenis yang pertama adalah kayu jati. Produk ini lebih awet dan kaut dari kayu lainnya. Corak warnanya cokelat muda hingga kehijauan. Jika dijadikan kerajinan tangan, maka kayu ini mempunyai nilai dekoratif yang tinggi. Inilah yang membuat banyak pengusaha mebel menyukai penggunaan kayu jati untuk produknya.

Kayu jati ini lebih mudah dikerjakan. Dengan daya retak rendah, kayu ini berserat lurus dan bertekstur agak kasar. Produk dari kayu jati ini terbilang lebih awet sehingga jangan kaget jika kayu ini disebut sebagai rajanya kayu. Kayu ini banyak didapati di Jawa Tengah serta Jawa Timur. Kayu ini dibanderol harga tinggi untuk satu log-nya karena kualitasnya yang nomor satu.

Kayu Sonokeling

Mirip dengan kayu jati, produk kayu satu ini juga bernilai tinggi jika dijadikan karya seni. Kayu Sonkeling ini memiliki tekstur dan serat yang indah sehingga tampak mewah. Yang paling menarik perhatian adalah warnanya karena tak biasa. Warna kayu ini hitam keunguan membuatnya terlihat sangat unik.

 

Dewasa ini harga kayu sonokeling makin mahal. Dahulu harga kayunya murah namun seiring banyaknya dihasilkan kerajinan maka harga kayunya menanjak. Kekurangan dari kayu ini adalah sangat rentan diserang rayap.

Kayu Akasia

Jika dilihat dari bentuk dan tampilan mungkin sedikit sulit membedakannya dengan kayu jati. Dengan warna cokelat khas dan serat yang apik, kayu ini tergolong mudah diproses. Umumnya kayu ini digunakan sebagai bahan kertas namun makin lama banyak juga yang menjadikannya aneka barang kerajinan.

Kayu ini rapuh dan rentan jamur serta rayap. Lebih berat serta lebih keras jika dibanding dengan kayu jati. Harga kayunya lebih murah dari kayu jati

Kayu Trembesi

Kayu satu ini mudah didapati di mana pun. Ini karena kayunya bisa tumbuh di daerah mana saja asalkan tropis. Dengan warna apik putih di pinggir dan cokelat di tengah, kayu ini umumnya dipakai untuk membuat meja.

 

Untuk masalah awet dan kautnya, kayu jenis trembesi masih kalah dari kayu lainnya. Kayu yang juga disebut kayu suar ini juga kerap digunakan untuk bahan furnitur karena harganya di bawah harga kayu jati.

Kayu Mahoni

Kayu mahoni umumnya bisa didapat di daerah yang bermusim kering maupun basah. Dengan pohon mencapai 40 meter, diameter pohon ini bisa mencapai 100 sentimeter. Kayu mahoni sering dipakai untuk pembuatan mebel dan alat olahraga. Bisa juga dipakai untuk membuat alat musik serta aneka keperluan bangunan.

 

Jenis kayu ini berkualitas baik dengan tingkat ketahanan dan keawetan yang pas. Namun sayang kayu ini tak tahan rayap. Seringkali kayu mahoni jadi pilihan untuk pembuatan aneka barang kerajinan tangan.

 

Contoh Kerajinan Dari Bambu

 

Asbak

f:id:omkirito1:20200915165340j:plain

Mari membuat asbak berasal dari kayu. Kamu dapat memakainya sendiri atau menjualnya untuk menghasilkan uang. Segera siapkan bahan dan alatnya yuk.

 

  • Kamu perlu bambu bekas dan papan bekas. Selain itu menyediakan lem kayu dan amplas serta pernis. Untuk alatnya anda perlu gergaji dan pisau serta gunting.
  • Pertama buatlah kerangka bersama membelah papan. Usahakan lebarnya 2,5 cm dan panjangnya 12 cm. Kemudian potong miring ujung papannya. Bikin 8 buah potongan agar menjadi 2 wujud kotak. Lalu tempel semua anggota bersama lem.
  • Selanjutnya anda dapat membelah bambu tipis saja. Potonglah bersama panjang 7cm.
  • Letakkan potongan bambu di sekeliling kerangka didalam bersama lem. Lalu tutup termasuk anggota bawah kerangka dan tempel bambu terhadap kerangka atas.
  • Kalau semua anggota asbak udah terpasang saatnya anda melumuri anggota asbak bersama lem selanjutnya kecuali udah kering silakan diamplas sampai halus.
  • Pernislah asbaknya agar terlihat lebih menarik.
  • Selanjutnya tempelkan lis bambu di sekeliling asbak selanjutnya tempel potongan bambu untuk tempat meletakkan rokok.

 

Tempat Pensil

f:id:omkirito1:20200915165505j:plain

Mau kan punyai tempat pensil yang lain berasal dari yang lain. Kalau mau yang unik dapat loh buat sendiri. Kamu dapat buat tempat pensil berasal dari kayu. Hasilnya dapat anda meletakkan di meja buat menjadi hiasan juga.

 

  • Segera siapkan gergaji dan bor kecil. Kamu perlu termasuk kayu kecil untuk bahan utamanya. Selanjutnya anda siap deh membuat kerajinan tempat pensil.
  • Potonglah kayu bersama lebar dan tinggi sesuai selera.
  • Buatlah sebuah lubang di atas kayu. Kamu dapat pakai bor dan membuat pola maupun mengebor secara acak.
  • Terakhir pernis tempat pensilnya dan anda tinggal masukkan pensil kamu.

 

Lampu Hias

f:id:omkirito1:20200915165533j:plain

Yang bahagia pernik vintage tak usah beli. Bikin saja sendiri di rumah itung-itung mengasah kreatifitas. Bikin lampu hias bahan kayu saja. Selain terlihat vintage, hiasan satu ini termasuk berfungsi menerangi rumah kan.

 

Segera persiapkan gergaji dan lem serta bor dan paku. Selain itu anda dapat siapkan termasuk cat dan amplas serta cutter. Kamu kudu termasuk palu dan triplek. Siapkan termasuk lampu dan tempat lampunya.

 

  • Bikin bodi lampu siapkan 4 buah potongan triplek ukuran 30 x 13 cm.
  • Siapkan termasuk lis bodi lampu bersama memotong 8 buah triplek bersama ukuran 14 x 3 cm.
  • Siapkan tempat fitting lampu bersama memotong 4 triplek ukuran 12 x 3 cm.
  • Dan potong ulang satu triplek ukuran 12 x 12 cm untuk tatakan lampu.
  • Selanjutnya langsung lubangi semua triplek bodi lampu.
  • Rekatkan semua anggota bersama lem.
  • Perkuat semua anggota yang udah di lem kenakan paku.
  • Lalu amplas agar sisa kotoran terhadap kayu triplek hilang. Ini termasuk untuk membuat triplek lebih halus.
  • Silahkan mengecat tripleknya agar lebih menarik.
  • Setelahnya gunakan lampu dan produk pun siap dipakai.

 

木から手工芸品を作るのは難しいと思いますか? BPガイドのレビューによると、木材から手工芸品を作ることはそれほど難しくないため、間違っている可能性があります。自分で作ることができる木製工芸品のアイデアを見てみましょう。
チーク材からの工芸品
私たちの周りのさまざまな物体から工芸品を作ることができます。多くの手工芸品が作る材料の一つは木です。この1つの成分は、それを処理するために完全な精度と骨の折れる作業を必要とします。この手工芸品を作るには、適切な道具も必要です。
最大の結果を得るためには、スキルと資格のあるスキルも必要です。この木製工芸品は芸術的価値が高く、高価です。壁の装飾からミニチュア、さまざまな家庭用家具まで、木材から作成できます。
木材から工芸品を作るのは難しいようですね。しかし、木工品を作ることは、想像するほど難しいことではないことがわかりました。 BPガイドのレビューを見てみましょう。
木から手工芸品を作りたいならもちろん、木の主成分が必要です。インドネシアにはさまざまな種類の木材があり、さまざまな商品に加工できます。既存の各木材はユニークで、独自の特性を持っています。また、これらの木材にはそれぞれ用途があります。
さまざまな質感、重さ、繊維から、木材もさまざまな手工芸品として使用できます。混乱しないように、まず工芸品に使用できる木の種類を読んでください。
チーク材
最初のタイプはチークです。この製品は、他の木材よりも耐久性と強度があります。色相は薄茶色から緑がかっています。手工芸品として使用する場合、この木材は装飾価値が高いです。これが、多くの家具起業家が自社製品にチーク材を使用することを好む理由です。
このチーク材は扱いが簡単です。ひび割れが少なく、木目が真っ直ぐで、ややザラザラした質感です。このチーク製品は耐久性がかなり高いので、この木材をキングオブウッドと呼んでも驚かないでください。この木材は、中部ジャワと東ジャワで一般的に見られます。この木材は、その品質が最も優れているため、1つの丸太の価格が高くなっています。
ソノケリングウッド
チーク材と同様に、この木材製品は、芸術作品として使用する場合にも高い価値があります。このソンケリングウッドは、美しい質感と繊維があり、豪華に見えます。最も注目を集めているのは珍しい色です。この木材の紫がかった黒の色は、非常にユニークに見えます。

今日、ソノケリング材の価格はより高くなっています。以前は木材の値段が安かったのですが、工芸品が多く生産されるようになり、木材の値段が上がりました。この木材の欠点は、シロアリの攻撃を受けやすいことです。
アカシアの木
形状や外観から見るとチーク材との見分けがつきにくいかもしれません。独特の茶色とすっきりとした繊維で、この木材は比較的加工が簡単です。一般に、この木は紙の材料として使われていますが、ますます多くの手工芸品になっています。
この木は壊れやすく、カビやシロアリになりやすいです。チーク材より重くて硬い。木材の価格はチークより安いです
トランベシ材
この一本の木はどこでも見つけやすいです。熱帯である限り、どこでも育つことができるからです。端がすっきりとした白い色、中央が茶色のこの木は、一般的にテーブルを作るために使用されます。

耐久性とカウトニアの問題のため、タマリンドの木はまだ他の木材よりも劣っています。フレアウッドとも呼ばれるこの木は、チークよりも価格が安いため、家具にもよく使われています。
マホガニー
一般的に、マホガニーは乾季または雨季のある地域で見られます。木が40メートルに達すると、この木の直径は100センチに達することがあります。マホガニー材は、家具やスポーツ用品の製造によく使用されます。楽器製作や各種建築用途にも使用できます。

このタイプの木材は、適切なレベルの耐久性と耐久性を備えた良質のものです。しかし、残念ながらこの木材はシロアリに耐性がありません。多くの場合、マホガニーはさまざまな手工芸品を作るためのオプションです。

竹からの工芸品の例

灰皿
木から灰皿を作ろう。自分で着るか、売ってお金を稼ぐことができます。具材や道具はすぐに用意しましょう。

•使用済みの竹と使用済みのボードが必要です。さらに、それは木の接着剤とサンドペーパーとニスを提供します。ツールには、のこぎり、ナイフ、はさみが必要です。
•まず、一緒にボードを分割するフレームワークを作成します。幅1インチ、長さ12 cmになるようにしてください。次に、ボードの端を斜めに切ります。 2個の正方形に8個を作る。次に、すべてのメンバーを接着剤で接着します。
•その後、細い竹だけを切ることができます。一緒に7cmの長さに切ってください。
•内側のフレームの周りに接着剤で竹の帯を置きます。次に、フレームの下部を含めてカバーし、上部フレームに竹を取り付けます。
•すべての灰皿を取り付けたら、接着剤で灰皿にグリースを塗る時期になり、乾いていない限り、滑らかになるまで研磨してください。
•灰皿にニスを塗って、より魅力的に見せます。
•次に、灰皿の周りに竹の飾りを貼り付け、次に竹の帯を貼り付けてタバコを置きます。

筆入れ
別のものから別の鉛筆ホルダーを持ちたいです。ユニークなものが欲しいなら、自分で作ることができます。あなたは木から鉛筆ホルダーを作ることができます。テーブルの上に置いて、デコレーションもできます。

•すぐにのこぎりと小さなドリルを準備します。メインマテリアルには小さな木を含める必要があります。次に、鉛筆ホルダーのクラフトを作成する準備が整いました。
•好みに応じて幅と高さを合わせて木を切ります。
•木に穴を開けます。ドリルを使用してパターンを作成したり、ランダムにドリルしたりできます。
最後に、ペンシルホルダーワニスと鉛筆を差し込むだけです。

装飾ライト
幸せな人はヴィンテージの装身具を買う必要はありません。自分の家にいるだけで、創造性を磨くことができます。木から装飾的な照明を作るだけです。ヴィンテージに見えるだけでなく、この1つの装飾は家を明るくするのにも役立ちます。

のこぎりと接着剤、ドリルと釘をすぐに準備します。また、ペンキやサンドペーパー、カッターなどもご用意できます。ハンマーと合板を含める必要があります。ランプとランプホルダーを含めて準備します。

•ランプ本体に30 x 13 cmの合板を4枚準備させます。
•8 x合板を14 x 3 cmのサイズで一緒に切断して、ランプボディのトリムを含めて準備します。
•4つの合板サイズを12 x 3 cmに切り、ランプの取り付け場所を準備します。
•ランプホルダー用に1つの12 x 12 cmの合板を切り取ります。
•次に、すぐにすべてのランプボディ合板に穴を開けます。
•すべてのメンバーを一緒に接着します。
•釘を使って接着されたすべてのメンバーを強化します。
•次に、合板に残っている汚れがなくなるように、紙やすりで磨きます。これには、合板をより滑らかにすることも含まれます。
•合板を塗装して魅力的にしてください。
•その後、ライトを使用すると、製品を使用できます。