Harga Kayu Sengon 2018 (センゴンウッド2018の価格)

f:id:omkirito1:20200914174943j:plain

harga kayu sengon 2018 - Pohon Sengon punyai nama asli (Paraserianthes falcataria) masuk ke didalam family Leguminoceae dengan sub-famili Mimosaidae.

Pohon Sengon merupakan tidak benar satu pionir (pembuka jalan) pohon multipurpose tree species di Indonesia.

Pohon sengon sanggup tumbuh dengan cepat serta sanggup hidup di beraneka keadaan tanah, sehingga menjadikan Sengon sebagai andalan bagi industry kayu di Indonesia untuk tetap berjalan ketika pasokan kayu di hutan menurun.

Pohon Sengon termasuk group fast growing species dengan periode siap panen kira-kira lima tahun. Pohon Sengon berasal berasal dari Indonesia, Papua New Guinea, Pulau Solomon, dan Australia.

Harga Bibit Sengon

Pohon Sengon dapat tumbuh hingga raih tinggi 40 m dan berdiameter 100 m apalagi lebih. Kulit luar pohon sengon berwarna putih atau kelabu, tidak beralur dan tidak mengelupas. Habitat alami pohon Sengon adalah daerah dengan curah hujan tahunan berkisar pada 2000 mm hingga 2700 mm. Pohon Sengon memilki tingkat evepotranspirasi yang benar-benar tinggi sehingga butuh iklim yang basah dengan curah hujan tahunan 2000-3500 mm sehingga dapat tumbuh secara optimal. Kayu sengon memilki berat type yang gampang dan mempunyai tekstur yang halus hingga cukup halus. Warna kayu bagian gubal adalah putih hingga merah muda kecoklatan atau kuning cerah hingga merah kecoklatan. Keberadaan pohon sengon dimasyarakat kerap dimanfaatkan sebagai penunjang keperluan hidup. Daun pohon sengon mbisa dijadikan pakan ternak yang benar-benar baik gara-gara kadar protein di dalamnya. Karena daunnya yang kecil-kecil dan banyak, pohon sengon kerap ditanam sebagai pohon pelindung, tanaman hias, reboisasi dan penghijauan. Di Jawa Barat, pohon sengon dipakai untuk kepentingan industry pulp dan kertas serta furniture. Kayu sengon benar-benar cocok untuk konstruksi ringan, seperti panel, furniture, dan kepentingan desain interior.

Untuk menanam pohon sengon tersedia jarak-jaraknya sendiri bergantung dari target memproses kayu sengon, seperti ini rinciannya:

Kayu Pulp : jarak tanam berkisar 3x3 meter

Kayu Pertukangan : jarak tanam berkisar 6x6 meter

Monokultur : jarak tanam 3 x 3 meter untuk 1 hingga 1,2 batang/Ha

Tumpangsari : jarak tanam 5x5 meter untuk 400 batang/Ha atau jarak tanam 3x6 meter untuk 555 batang/Ha

Kayu Bulat Premium : jarak tanam 10 x 1 meter

Harga pohon sengon bergantung musimnya. Jika memasuki musim panen, harganya dapat raih Rp 1 juta per meter kubik. Pohon sengon menjadi pilihan utama untuk menggantikan produk kayu jati. Untuk bibit sengon, harganya merasa dari Rp 1.500 hingga Rp 2.500. Kalau telah berusia 5 tahun, pohon sengon dijual dengan harga Rp 350.000 hingga Rp 400.000 per batang.

Pohon Sengon

Pohon sengon merupakan keliru satu jenis pohon yang berharga investasi. Sengon adalah pelopor pohon multiguna yang mampu dibudidayakan secara cepat dan mampu tumbuh di segala keadaan tanah. Kebutuhan kayu sengon untuk industri kayu di dalam negeri yang raih lebih dari 50.000 m3 mengimbuhkan kesempatan menarik. Kayu sengon mampu dimanfaatkan untuk bahan baku mebel kelas bawah sampai menengah, bekisting atau penyangga cor bangunan, kayu papan, bahan baku pulp kertas dan sebagainya. Perkembangan sengon saat ini sudah menyebar ke bermacam lokasi di Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, Bali, Flores dan Maluku. Kayu sengon sekaligus jadi tanaman agroforestri yang cukup populer untuk menukar pasokan hasil kayu hutan yang kian alami penurunan akibat populasi maupun regulasi yang kian ketat.

Morfologi Pohon Sengon

Cara untuk mengidentifikasi pohon sengon tidak lain dengan mengamati ciri morfologi yang dimilikinya. Sebab ada sebagian style pohon yang membawa ciri fisik nyaris sama, lebih-lebih tumbuhan yang berasal berasal dari satu suku.

  • Akar

Akar pohon sengon adalah perakaran yang banyak mempunyai kandungan nodul-nodul akar. Hal dikarenakan akar tanaman ini bersimbiosis dengan salah bakteri, yakni Rhizobium. Nodul yang dihasilkan berasal dari simbiosis ini memberi manfaat yang besar bagi lingkungan sekitar, lebih-lebih untuk akar itu sendiri.

Berkat terdapatnya nodul maka proses penyediaan nitrogen di di dalam tanah dan terhitung porositas tanah menjadi lebih baik. Hasilnya, tanah yang ada di sekitar akar menjadi lebih subur dan style tanah ini terlalu cocok ditanami tumbuhan palawija. Oleh dikarenakan itu, pohon sangon banyak dikombinasikan dengan tanaman palawija oleh para petani.

  • Batang

Pohon sengon sanggup tumbuh meraih 30 mtr. sampai 45 mtr. dengan gemang batang berada sekitar 70 cm. Pepagan tanaman ini lumayan halus dengan bagian luar berwarna abu-abu gelap dan membawa gigir-gigir yang terletak melintang. Pepagan berikut terhitung membawa lentisel dengan ketebalan tipis.

Bagian di dalam pepagan membawa ketebalan sekitar 5 cm dan berwarna merah jambon. Pohon yang membawa formalitas menggugurkan daun ini membawa ranting-ranting muda yang berbulu.

  • Daun

Daun sangon berwujud menyirip berganda. Jumlah sirip daun sekitar 4 sampai 14 pasang. Tulang utama daun panjangnya pada 10 cm sampai 25 cm dan punya tekstur berbulu. Pada bagian pangkal tangkai daun merupakan pertemuan tulang sirip. Jika diperhatikan secara keseluruhan, daun pohon sengon berwujud menyerupai bulat telur dengan bagian pangkal menyerupai bentuk jantung dan bagian ujung seakan punya ekor.

Panjang sirip daun sekitar 4 sampai 14 cm dan membawa pada 10 sampai 45 anak daun untuk tiap-tiap siripnya. Anak-anak daun ini tumbuh secara berhadapan. Bentuk anak daun agak memanjang dengan ujung yang runcing, biasanya pada pangkal daun berwarna hijau kebiruan.

  • Bunga

Pohon sengon menghasilkan bunga majemuk yang bentuknya menyerupai bongkol dan bertangkai. Bunga ini tumbuh secara berkumpul dan membentuk malai dengan panjang pada 15 cm sampai 30 cm. Setiap bongkol terkandung 10 sampai 20 kuntum bunga.

Setiap bunga membawa kelopak yang bergerigi dengan tinggi sekitar 4 mm, berbulu halus, dan tabung mahkotanya berwujud layaknya corong dengan warna kuning dan hijau. Bunga ini membawa bilangan 5.

Sementara itu, jumlah benang sari pada tiap-tiap bunga lebih berasal dari 10 dengan panjang sekitar 3 cm. Warnanya putih dan pada bagian puncak berwarna hijau. Pangkal berasal dari benang sari bersatu dan membentuk tabung yang tingginya nyaris sama dengan mahkota bunga.

  • Buah dan Biji

Pohon sangon terhitung menghasilkan buah. Buah sengon berwujud panjang dengan ukuran pada 10 cm sampai 18 cm. Lebar buah pada 2 cm sampai 3,5 cm. Buah sangon adalah buah tidak terbuka dengan bentuk yang agak patah-patah. Jika dibuka, bakal didapati biji berwujud pipih dengan ukuran lebar 7 mm dan panjang 5 mm.

 

センゴンウッド2018の価格-元の名前(Paraserianthes falcataria)を持つセンゴンツリーは、ミモザイダ科のマメ科に含まれます。

 

センゴンツリーは、インドネシアでは実際には先駆的(パイオニア)多目的樹種ツリーではありません。

 

センゴンの木は急速に成長し、さまざまな土壌条件で生活できるため、森林の木材供給量が減少してもインドネシアの木材産業の主力となっています。

 

センゴンツリーは急速に成長する種のグループであり、約5年の収穫期を迎えます。センゴンの木は、インドネシアパプアニューギニア、ソロモン島、オーストラリアから来ています。

センゴン種子の価格

Sengonの木は、高さ40 m、直径100 m以上にまで成長できます。センゴンの木の外側の樹皮は白または灰色で、溝がなく剥がれません。センゴンの木の自然の生息地は、年間降水量が2000 mmから2700 mmの範囲の地域です。 Sengonの木は、蒸発散率が高いため、最適に成長するには、年間降水量が2000〜3500 mmの湿潤気候が必要です。センゴンウッドはやさしいタイプの重さがあり、かなり滑らかになるまで滑らかな質感を持っています。辺材の色は白から茶色がかったピンクまたは明るい黄色から茶色がかった赤です。コミュニティ内のセンゴンの木の存在は、生活必需品をサポートするためによく使用されます。センゴンツリーの葉は動物性飼料として使用できますが、その中にはタンパク質が含まれているため非常に優れています。センゴンの木は小さくて多数の葉があるため、日陰の木、観葉植物、植林、緑化としてしばしば植えられます。西ジャワでは、センゴンツリーはパルプ、紙、家具産業の利益のために使用されます。 Sengonウッドは、パネル、家具、インテリアデザインなどの軽量建築に最適です。

 

センゴンの木を植えるには、詳細がそうであるように、ターゲット処理センゴン材に応じて利用可能な距離があります:

 

パルプ材:3x3メートルの範囲の間隔

 

大工木:6x6メートルからの間隔の範囲

 

単一栽培:1 x 1.2茎/ haの3 x 3メートルの間隔

 

間作:400茎/ Haの場合は5x5メートル間隔、555茎/ Haの場合は3x6メートル間隔

 

プレミアムログ:10 x 1メートルの間隔

 

Sengonツリーの価格は季節によって異なります。収穫期に入ると、価格は1立方メートルあたり100万ルピアに達することがあります。チゴンの木製品を置き換える主な選択肢はセンゴンツリーです。センゴン種子の価格は、Rp。1,500からRp。2,500です。樹齢5年のセンゴンの木は、茎あたり350,000ルピアから40,000ルピアで販売されている。

 

センゴンツリー

センゴンツリーは、投資に価値のあるタイプのツリーです。センゴンは、早く栽培でき、あらゆる土壌条件で成長できる先駆的な多目的樹です。 50,000立方メートル以上に達する国内木材産業のためのセンゴン材の必要性は、魅力的な機会を提供します。 Sengon木材は、低層から中流階級の家具、型枠または建物のキャストサポート、木材板、紙パルプの原料などの原料として使用できます。センゴンの開発は現在、スマトラ、ジャワ、バリ、フローレス、マルクなど、インドネシアのさまざまな場所に広がっています。同時に、Sengon木材は、森林木材製品の供給を交換する人気のあるアグロフォレストリー工場であり、人口とますます厳しくなっている規制のために減少しています。

センゴンツリーの形態

センゴンの木を識別する方法は、その形態学的特徴を観察することに他なりません。なぜなら、ほとんど同じ物理的特性を持ついくつかのツリースタイル、特に1つの部族に由来する植物があるためです。

 

ルート

センゴンの木の根は、根粒を多く含む根です。これは、この植物の根が細菌の一つ、リゾビウムと共生しているためです。この共生から生まれた結節は、特に根自体にとって、周囲の環境に大きな利益をもたらします。

 

根粒の存在のおかげで、土壌に窒素を供給し、土壌の気孔率を計算するプロセスはより優れています。その結果、根の周りの土壌は肥沃になり、この土壌スタイルは作物を植えるのにあまりにも適しています。そのため、多くの農家はサンゴンの木と二次作物を組み合わせています。

 

トランク

Sengonの木は30メートルまで成長できます。 45 mtrまで。茎は約70cmぐらい揺れています。 Pepaganこの植物は非常に滑らかで、外観は濃い灰色で、横にある尾根を支えています。次のペパガンも薄い厚さのレンチキュラーを運びます。

 

木の内部は約5cmの厚みがあり、ピンク色です。落ち葉の形式を運ぶ木は、若い、毛むくじゃらの枝を運ぶ。

 

Sangonの葉には複数の羽状の形があります。葉ヒレの数は約4〜14対。主な葉の骨は10〜25 cmの長さで、毛深い質感を持っています。葉柄の基部には、ヒレの骨の出会いがあります。全体を見ると、千本の葉は楕円形で、土台はハートに似ており、先端は尾を持っているように見えます。

 

葉のヒレは約4〜14 cmの長さで、各ヒレに10〜45枚のチラシを持ちます。これらのチラシは互いに向かい合って成長します。リーフレットの形状はわずかに細長く、先が尖っています。通常、葉の付け根は青緑色です。

Sengonツリーは、こぶと茎のように見える複合花を生成します。これらの花はグループで成長し、15 cmから30 cmの長さの穂を形成します。各頭には10から20の花が含まれています。

 

各花は、高さ約4 mmの鋸歯状の花びらを持ち、細い髪をしており、王冠の管は黄色と緑の漏斗のような形をしています。この花は5番です。

 

一方、おしべの数は10本を超え、長さは約3cmです。それは白で、上部は緑です。基部は、花の王冠とほぼ同じ高さのチューブを形成し、一緒に集まる雄しべから来ます。

 

果物と種子

sangonツリーも実を結びます。 Sengonフルーツは長く、サイズは10 cmから18 cmです。 2 cmから3.5 cmでの果物の幅。サンゴンフルーツは、少し壊れた形で開かないフルーツです。開封すると、幅7 mm、長さ5 mmの平らな種子が見つかります。